Jl. Pahlawan, No. 2, Tabanan-Bali (0361) 814909 sekretariat@ikip-saraswati.ac.id
IKIP SARASWATI

FAKULTAS PENDIDIKAN

ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (FPIPS)

PROGRAM STUDI

PENDIDIKAN SEJARAH

Visi Program Studi Pendidikan Sejarah adalah mewujudkan program studi pendidikan sejarah yang unggul dalam mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni dan menghasilkan sarjana pendidikan yang profesional, berkarakter dan kompetitif pada tahun 2025.

PROGRAM STUDI

PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN

Visi Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan adalah Mewujudkan program studi yang mampu mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni serta menghasilkan tenaga kependidikan yang berkualitas dan berdaya saing tinggi yang relevan dengan batang keilmuan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan pada tahun 2025.

PROFIL

FAKULTAS PENDIDIKAN

ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (FPIPS)

    Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial IKIP Saraswati membina dua buah jurusan/prodi yakni(1) Jurusan/Prodi Pendidikan Sejarah, dan (2) Jurusan/Prodi PPKn. Jurusan Pend. Sejarah menyelenggarakan jenjang pendidikan S1 sejak tanggal 29 Nopember 1984 dengan masa studi 8 semester. Jurusan ini didirikan pada tahun 1986 berdasarkan SK Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 0358/O/1986 dengan status terdaftar. Kemudian dilakukan perpanjangan ijin penyelenggaraan program studi pendidikan Sejarah dengan ijin nomor 4378/D/T/K-VIII/2010, tertanggal 14 Oktober 2010. Sementara Jurusan/ prodi PPKn didirikan pada tahun 1986 berdasarkan SK Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia mor 0358/)/1986 dengan status terdaftar. Kemudian dilakukan proses akreditasi dengan peringkat C. Selanjutnya dilakukan perpanjangan ijin penyelenggaraan Program Studi PPKn dengan ijin nomor 4380/D/K-VIII/2010 tertanggal 10 November 2010.

    Pada tahun 2015 Program Studi PPKn terakreditasi B melalui SK BAN-PT Noomor: 773/SK/BAN-PT/Akred/S/VII/2015 tertanggal 10 Juli 2015. Selanjutnya pada tahun yang sama tahun 2015, Prodi Pedidikan Sejarah juga terakreditasi B melalui SK BAN-PT Nomor: 972/SK/BAN-PT/Akred/S/IX/2015 tertanggal 03 september 2015.
    Pada perkembangan berikutnya pada Tahun 2020 prodi Pendidikan Sejarah terakreditasi B melalui Keputusan BAN-PT No. 5286/SK/BAN-PT/Ak-PPJ/S/IX/2020 pertanggal 4 September 2020. Demikian juga pada tahun yang sama diikuti oleh Prodi Pend. Sejarah juga terakreditasi dengan pringkat akreditasi B sesuai dengan Keputusan BAN-PT No 3983/SK/BAN-PT/Ak-PPJ/S/IX/2020

    Visi Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (FP.IPS) adalah “Menjadi fakultas unggulan dalam menghasilkan Sarjana Pendidikan yang profesional, berdaya saing dan berakhlak mulia (PBB) tahun 2025”.

    Misi Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (FP.IPS) adalah :

    1. Menciptakan suasana akademik yang kondusif dengan menyelenggarakan pendidikan yang bermutu, demokratis, transparan, dan bertanggung jawab sehingga dapat menumbuhkan kepercayaan masyarakat dan dunia kerja.
    2. Meningkatkan mutu kinerja dosen dalam bidang pengajaran dengan menggunakan berbagai strategi pengajaran, penerapan teknologi informasi serta media dan sumber belajar yang bervariasi.
    3. Menyelenggarakan kegiatan penelitian dan pengabdian pada masyarakat yang lebih bermutu yang dapat memberikan kontribusi terhadap kemajuan pembangunan nasional.
    4. Meningkatkan pelayanan administrasi akademik dan umum yang lebih efektif dan efisien dengan menggunakan sistem teknologi informasi.
    5. Menyelenggarakan pembinaan kepada mahasiswa dalam rangka pengembangan kegiatan non akademik dalam pengembangan minat, penalaran, dan kebutuhan mahasiswa.

    Berdasarkan visi dan misi seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, maka tujuan FP.IPS adalah melaksanakan proses pendidikan untuk menghasilkan sarjana pendidikan yang memiliki kemampuan, yaitu:

    1. Memiliki wawasan yang luas tentang pendidikan dan menguasai cara belajar peserta didik.
    2. Menguasai prinsip dan prosedur evaluasi, proses dan hasil belajar peserta didik.
    3. Menguasai substansi materi pembelajaran secara luas dan mampu mengaitkannya dengan kontekstual kehidupan.
    4. Mampu merancang dan melaksanakan pembelajaran secara efektif dan inovatif.
    5. Trampil dalam memanfaatkan perangkat teknologi dan informasi dalam proses pembelajaran.
    6. Mampu dalam mengadakan penelitian di kelas maupun di masyarakat.
    7. Memiliki ketrampilan dalam mengaplikasikan ilmu dan keahliannya di masyarakat sehingga dapat bersaing di pasar global.
    8. Mampu menampilkan kematangan emosional dalam bersikap dan bertindak sesuai dengan norma yang berlaku di dunia kerja dan di masyarakat.

    Jumlah dosen di Program Sarjana Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (FP.IPS) terdiri dari dosen yang bergelar akademik doktor dan magister. Sedangkan dilihat dari kualifikasi jabatan akademik Sebagian besar sudah lector kepala dan lektor kecuali dosen muda masih dengan jabatan asisten ahli.
    Untuk mendukung terselenggaranya proses pembelajaran yang memadai FP. IPS dilengkapi dengan tenaga kependidikan dengan kualifikasi pendidikan SMA, dan Diploma yang bekerja sesuai dengan tugas pokoknya masing-masing baik yang terkait dengan administrasi akademik maupun administrasi serta keuangan .

    Kurikulum di Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial yang yang berlaku di Prodi Pendidikan Sejarah dan Prodi PPKn senantiasa di up date dan berorientasi masa depan yang ditujukan untuk menghadapi tantangan globalisasi serta permintaan pasar. Pengembangan kurikulum diarahkan untuk pembentukan kemampuan mengelola pembelajaran di masing-masing program studi dan pembentukan kemampuan pedagogic yang membentuk profil pendidik.
    Saat ini Kurikulum yang diberlakukan adalah kurikulum Merdeka belajar kampus merdeka (MBKM) dengan jumlah 150 sks. Dalam kurikulum tersebut mahasiswa diberikan kesempatan untuk mengambil mata kuliah sebanyak 6 sks pada prodi lainnya di lingkungan IKIP Sataswati. Selain itu mahasiswa juga diberi kesempatan untuk belajar diluar dalam bentuk asistensi mengajar pada sekolah SMA atau SMK yang ada di Kabupaten Tabanan.
    Selain itu kurikulum yang diberlakukan juga akan mengarahkan lulusan tidak hanya sebagai pendidik yang professional berkarakter dan kompetitif sesuai dengan Visi dan Misi IKIP Saraswati, juga memberikan kesempatan mahasiswa untuk mengambil mata kuliah pilihan baik sebagai pemandu pariwisata bagi lulusan lulusan Prodi Pendidikan Pancasila dan sebagai fasilitator pendidikan karakter bagi lulusan prodi Pendidikan Kewarganegaraan.
    Proses pembelajaran dilakukan melalui blanded learning yang memadukan antara pembelajaran daring dan luring. Metode pembelajaran yang disampaikan dosen bersifat inovatif yang menekankan pada mahasiswa aktif melalui problem base learning.

    Penelitian merupakan salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi yang harus dilaksanakan oleh dosen secara berkesinambungan. Sumber anggaran yang disediakan baik secara internal oleh unit penyelenggara program studi sesui dengan kemampuan, dan biaya mandiri. Secara eksternal anggaran penelitian didukung oleh Lembaga Penelitian (Lemlit) IKIP Saraswati. Tujuan dilaksanakannya penelitian adalah meningkatkann kemampuan akademik dosen terhadap ilmu yang dimilikinya, dan selanjutnya dapat dijadikan sebagai bahan ajar untuk menunjang mata kuliah yang diampu oleh masing-masing dosen.
    Peningkatann kemampuan dosen di bidang penelitian dilakukan melalui pelatihan penyusunan proposal penelitian secara berkala setiap tahun serta penyediaan alokasi dana penelitian yang bersumber institusi. Penelitian dosen dilakukan melalui kewajiban untuk membuat proposal minimal satu judul proposal untuk setiap dosen setiap tahun.
    Pelaksanaan penelitian dilaksanakan sesuai dengan kalender akademik maupun jadwal yang diberikan penyandang dana sehingga penelitian dapat diselesaikan tepat waktu. Pemantauan terhadap penelitian dilaksanakan melalui MONEV penelitian yang dilakukan oleh tim MONEV. Sedangkan capaian penelitian yang dievaluasi adalah luaran yang dihasilkan peneliti.

    Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (FP. IPS ) memiliki strategi pencapaian standar yang tertuang dalam Renstra dan Renop terkait kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Dalam impementasinya, pengabdian masyarakat (PkM) dilakukan baik secara perorangan maupun melibatkan mahasiswa untuk memadukan antara teori yang didapat di bangku kuliah serta praktek yang ada di masyarakat. Pelaksanaan PkM di masyarakat dilaksanakan setiap satu tahun sekali pada tempat yang berbeda dengan tema yang berbeda dan menyesuaikan dengan peta jalan atau road map yang telah dirancang untuk dilaksanakan.

Kontak

Jl. Pahlawan, No. 2, Tabanan-Bali

sekretariat@ikip-saraswati.ac.id

(0361) 814909

Kunjungan

Visitor Counter
Bulan ini 997
Bulan lalu 30672
TOTAL 31669

Link Populer

© IKIP Saraswati 2022 | Designed by Tim Pengelola Website IKIP Saraswati


mpo007